Home » Uncategorized » Dapatkan Pahala Malam Lailatul Qodar dengan Amalan Ini

Dapatkan Pahala Malam Lailatul Qodar dengan Amalan Ini

Artikel Keagamaan – IndoNewsToday.com, Kita memang tidak tau, kapan datangnya malam Lailatul Qodar itu. Tetapi alangkah baiknya memang jika kita memperbanyak amalan ibadah di bulan Ramadhan. Karena ibadah yang dikerjakan saat bulan Ramadhan akan berlipat-lipat pahalanya.

Inilah beberapa amalan utama yang dapat dikerjakan saat bulan Ramadhan, terutama saat datangnya malam Lailatul Qodar. Simak apa saja amalan itu. Semakin memperbanyak amalan-amalan ini, akan semakin membuat pahala ibadah bulan Ramadhan kita bertambah.

Membaca Al-Qur’an
kluarga-amalan baca al quranSebagai umat Islam tidaklah asing dengan membaca Al-Qur’an. Akan tetapi di bulan Ramadhan ini, tentu harus diperbanyak bacaan Al-Qur’annya. jangan hanya bisa baca sms dan chating BBM saja yang banyak. Tetapi baca Al-Qur’an juga harus diperbanyak ya. Apalagi saat datangnya malam Lailatul Qodar. SubhanAllah pahala baca Al-Qur’annya akan berlipat-lipat. Apalagi disertai dengan membaca arti dan meresapi maknanya. Itu akan jauh lebih afdhol

Dzikir di Masjid
LailahQadarKalau biasanya setelah sholat kita langsung meninggalkan masjid. Kali ini tidak boleh meninggalkan masjid sebelum melakukan dzikir. Dengan berdzikir, maka hati akan semakin tenang. Berdzikir lebih lama akan membuat kita semakin lebih tenang. Terutama setelah sholat malam, berdzikir sangat diutamakan. Karena berdzikir sama dengan berdoa. Maka berlama-lamapun sangat baik.

I’tikaf di Masjid
Berdoa-islam-i’tikafPada saat bulan Ramadhan gini, harusnya kita lebih dekat dengan masjid. Artinya, aktifitas kita perbanyak di masjid. Seperti sholat, dzikir, tadarus dan I’tikaf. Kita bermunasabah kepada Allah, meminta keberkahan umur dan keselamatan dunia akhirat. I’tikaf ini bisa kita lakukan usai sholat dzuhur atau tadarusan. Dimana masjid terasa tenang. Karena masjid adalah rumah Allah, tentu akan semakin nyaman dan tenang jika berdiam diri dengan memanjatkan do’a-do’a di dalam masjid.

Beribadah Sepanjang Malam
ibadah sepanjang malamSetelah tadarusan, kita bisa tidur dulu, bukan berarti kita melek terus. Kalaupun kuat tidak papa. Tapi lebih baik tidur dulu. Tengah malam bangun untuk sholat malam. Jangan bermalas-malasan, karena malam Lailatul Qodar tidak akan diperuntukkan untuk orang-orang yang malas,

Sebaliknya, mereka yang rajin beribadah di sepanjang malam dan tidak pilih-pilih, insya Allah akan mendapatkan lailatul qadr. Sahabat Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu pernah memberikan nasihat tentang lailatul qadr, kemudian beliau berkata, “Siapa saja yang shalat malam sepanjang tahun, dia akan mendapatkannya.” (H.r. Ahmad dan Abu Daud; dinilai sahih oleh Al-Alban)

Perbanyak Bertaubat (Memohon Ampun)
Bulan Ramadhan adalah belun penuh pengampunan. Perbanyak memohon ampun dengan memperbanyak ibadah akan lebih afdhol. Karena bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kemuliaan. Apalagi kita memohon ampun saat malam Lailatul Qodar datang, Allah akan mengampuni dosa-dosa kita bahkan kita akan mendapatkan kemuliaan malam Lailatul Qodar. Semoga kita termasuk hamba Allah yang dapat berjumpa dengan malam Lailatul Qodar. Aamiin.

Baca juga berita yang sering dibaca netizen minggu ini di IndoNewsToday.com, diantaranya:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *