Home » Uncategorized » Mulai Ramai Diperbincangkan oleh Warga Cirebon, Khasiat Semut Jepang untuk Kesehatan

Mulai Ramai Diperbincangkan oleh Warga Cirebon, Khasiat Semut Jepang untuk Kesehatan

Semut Jepang di dalam toples | Foto: AsliCirebon.com

Artikel Kesehatan – AsliCirebon.com, Jika berbicara tentang kegunaan dan manfaat dari semut Jepang, mungkin Anda akan sedikit terkejut. Semut yang biasanya merupakan serangga kecil yang seringkali luput dari perhatian kita, ternyata memiliki manfaat di baliknya. Anda juga mungkin saja baru pertama kali mendengar tentang semut Jepang.

Khususnya warga Cirebon, umumnya warga Cirebon mengenal dua macam semut, yakni semut pohon dan semut rumahan. Semut pohon umumnya dikenal dengan semut rang-rang, dan semut rumahan yakni semut hitam dan semut merah. Namun kini semut jepang mulai eksis di telingan masyarakat, khususnya di jalur Pantura (Pantai Utara Jawa).

Seperti yang dilakukan oleh Iin (38), ibu empat anak ini berjualan semut jepang di rumahnya yang berada di desa Purwawinangun, Gunung Jati, Cirebon. Ia mengaku mendapatkan stok semut jepang dari Jatibarang, yang kemudian dijual kembali untuk obat herbal alami.

Ia pun mengaku, umumnya pembeli merasakan khasiatnya, untuk alternatif obat. “Banyak yang mengaku sembuh dari semut jepang ini. Bahkan sudah banyak langgangan yang membeli untuk dipelihara, untuk cadangan.” kata dia kepada AsliCirebon.com hari ini Sabtu (15/8/2015).

Dari penelusuran AsliCirebon.com, Semut itu sendiri dalam bahasa Jepang memiliki sebutan Ari, dimana secara harafiah memiliki arti serangga kesetiaan. Di negara Jepang sendiri terdapat lebih dari 200 jenis semut jepang yang berbeda-beda.

Ciri-ciri dan manfaat semut Jepang memiliki perbedaan dari semut Jepang dibandingkan semut spesies lainnya yakni memiliki badan yang keras, bersayap namun tak bisa terbang, suka reproduksi, hidup secara berkelompok, bukan hewan kanibal. Itulah beberapa ciri yang membedakan semut Jepang dengan spesies semut lainnya. Dimana ciri utama yang menonjol adalah dari sayapnya.

Karena memiliki manfaat, semut Jepang pun banyak dicari oleh orang-orang, dan banyak orang yang membuat budidaya semut Jepang yang satu ini.

Semut Jepang berguna untuk menjadikan tingkat kolesterol di darah normal, khususnya untuk orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi pada darah. Mengobati dan meringankan penyakit jantung. Mengobati dan meringankan penyakit asam urat, khusus orang dengan kadar asam urat tinggi di tubuh. Menjadikan jumlah gula di darah menjadi stabil, cocok untuk orang yang terserang penyakit diabetes. Menjadikan tekanan darah stabil, khususnya untuk orang yang menderita hipertensi (penyakit darah tinggi). Mampu menambah vitalitas dari pria maupun wanita, cocok bagi pria maupun wanita dengan jam kerja tinggi serta kesibukan untuk sehari-harinya, tubuh pun dapat menjadi lebih segar dengan semut Jepang.

Menurut Iin, mengonsumsi semut jepang sangatlah mudah, dengan menelannya saja dengan buah pisang. “Dimakan saja, dengan pisang. Bisa hidup-hidup, atau dimasak dengan campuran madu, atau yang lainnya. Tiga kali dalam sehari.” lanjut Iin saat menunjukkan semut yang ia miliki.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *