Home » Cirebon » Budaya Idul Fitri Yang Dilakukan Di Keraton Cirebon

Budaya Idul Fitri Yang Dilakukan Di Keraton Cirebon

Budaya Idul Fitri Yang Dilakukan Di Keraton Cirebon

AsliCirebon.com – Budaya memang tidak bisa dilepaskan dari peradaban Indonesia, karena memang di setiap daerah mempunyai budaya tersendiri. Termasuk dalam urusan hari raya Idul Fitri., Hari raya Idul Fitri merupakan hari raya yang dinanti banyak umat muslim di Indonesia.

Salah satu budaya yang melekat pada Keraton di Cirebon dengan melakukan dua kali pelaksanaan shalat Ied. Menurut PRA Arief Shalat Ied yang dilakukan pada awalnya dilakukan menggunakan khotbah dengan bahasa Arab yang dilakukan di Langgar Agung, sedangkan yang kedua dulakukan di Masjid Agung dengan bahasa Indonesia.

“Perbedaannya kalau di Langgar Agung usai shalat Ied dilanjutkan khotbah dengan menggunakan bahasa Arab. Kalau di Masjid Agung Sang Cipta Rasa khotbahnya menggunakan bahasa Indonesia dan pengkhotbahnya memakai tongkat khotbah peninggalan Sunan Gunung Jati,” Ujar PRA Arief yang dilansir dari fokusjabar.com.

PRA Arief menambahkan bahwa di Masjid Agung Sang Cipta Rasa menggunakan Bahasa Arab, juga biasa dilakukan pada shalat Idul Adha dan Shalat Jumat.

” Kalau dulu di Mesjid Agung Sang Cipta Rasa khotbahnya pakai bahasa arab. Itu dilakukan setiap Idul Fitri, Idul Adha dan Shalat Jumat,” Lanjutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *