Home » Cirebon » Cirebon Dikepung Tenaga Kerja Asal Korea

Cirebon Dikepung Tenaga Kerja Asal Korea

Cirebon Dikepung Tenaga Kerja Asal Korea

AsliCirebon.com – Masyarakat Ekonomi Asean sudah berlangsung sekarang, dampaknya banyak Tenaga Kerja Asing yang bisa bekerja di Indonesia. Hal tersebut nampaknya juga berlaku untuk di daerah – daerah, salah satunya adalah Cirebon.

Menurut data yang dihimpun melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Cirebon Drs H Prihatna S, menyebutkan bahwa terdapat peningkatan untuk Tenaga Kerja Asing yang bekerja di Cirebon. Salah satunya adalah Tenaga Kerja Asing yang berasal dari Korea.

“Sudah ada peningkatan, kebanyakan dari Korea, yang mengisi tenaga ahli di bidang peternakan dan juga perusahaan-perusahaan seperti perbankan dan lainnya,” Ungkap melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Cirebon Drs H Prihatna S.

Untuk masalah perizinan, Prihatna mengatakan bahwa pertama kali untuk mengurus hal tersebut berasal dari pemerintah pusat. Setelah itu yang bisa menerbitkan izin bekerja adalah daerah – daerah yang dituju para Tenaga Kerja Asing.

“Satu tahun pertama izinnya dari pemerintah pusat, kalau tahun kedua baru dari daerah,”  Tambahnya.

Dengan fenomena yang ada seperti itu, diharapkan agar orang pribumi tidak tertinggal dengan Tenaga Kerja Asing yang ada. Hal tersebut bisa ditunjang dengan peningkatan ketrampilan dan produktifitas dari kursus – kursus yang diadakan pemerintah.

. “Jangan sampai orang pribuminya semakin tertinggal, maka dari itu harus meningkatkan keterampilan dan produktivitas, agar mampu bersaing,” Tutupnya

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *