Home » Cirebon » Potensi Zakat Fitrah Di Kota Cirebon

Potensi Zakat Fitrah Di Kota Cirebon

Potensi Zakat Fitrah Di Kota Cirebon

AsliCirebon.com – Meskipun bulan Ramadhan sudah dilalui, namun ternyata terdapat sekelumit cerita yang ditinggalkan bulan puasa. Sebagai umat muslim, diwajibkan membayar zakat fitrah untuk melengkapi rangkaian ibadah puasanya.

Dengan diwajibkannya umat muslim untuk membayar zakat fitrah maka, terdapat banyak distribusi dan hasil yang dicapai. Namun menurut Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon Dr KH Muklisin Muzarie Mag hanya beberapa persen saja umat muslim yang ada di Cirebon menyalurkan melalui Baznas.

“Masyarakat masih lebih suka membagikan zakat fitrahnya tanpa amil, jadi langsung dibayarkan kepada mustahiq,” Ucap Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon Dr KH Muklisin Muzarie.

Namun dirinya tidak terlalu memaksa untuk membayar zakat fitrahnya melalui Baznas, masyarakat diberikan kelonggaran untuk membayarnya.

“Kita ada kelonggaran kepada masyarakat, karena ada kecenderungan masyarakat membayarkan zakat fitrah sendiri dibagikan kepada tetangga dan masyarakat sekitar yang membutuhkan,” Tambahnya.

Penyaluran dari Baznas sendiri bermacam – macam sasarannya, salah satu contohnya adalah guru, ustad dan lain – lain.

“Baznas hanya mengelola bagian untuk sabilillah, kita akan salurkan melalui program bantuan untuk guru dan ustad, mereka merupakan pejuang-pejuang saat ini,” Sambungnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *