Home » Ekonomi » Banyak Lahan Garam Berubah Fungsi Di Cirebon

Banyak Lahan Garam Berubah Fungsi Di Cirebon

Banyak Lahan Garam Berubah Fungsi Di Cirebon

AsliCirebon.com – Cirebon memang dikenal sebagai salah satu wilayah produsen garam di wilayah Jawa Barat. Hal itu memang menjadi permasalahan sendiri untuk saat ini, karena di wilayah Cirebon memang sebagian besar lahan pertanian Garam di Cirebon sudah beralih fungsi. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Ikatan Petani Garam Indonesia Cirebon Moch Insyaf Supriyadi .

“Banyaknya perubahan di lahan petani garam sudah terjadi dalam kurun waktu tiga terakhir,” Ujar Moch Insyaf Supriyadi .

Banyak lahan di Cirebon yang saat ini terancam rusak karena pengaruh abrasi yang ada. Nmaun pihaknya sudah ada antisipasi minimalisir salah satu ancaman tersebut dengan membuat tanggul sepanjang empat kilometer.

“Perlu empat kilometer lagi pemasangan tanggul agar meminimalisir terjadinya dampak dari abrasi,”

“Bahkan ada yang sudah 1,8 kilometer dari bibir pantai, prediksi 5 tahun ke depan akan lebih banyak yang terkikis. Banjir rob sudah mencapai kepada pinggiran yang ada di wilayah Kecamatan Pangenan maupun yang ada di pinggir pantai,”  Tambahnya.

Saat ini Insyaf megakui bahwa kualitas garam yang diproduksi oleh petani di Cirebon memang masih kalah dengan garam – garam yang ada di daerah yang memang terenal sejak dahulu sebagai penghasil garam.

“Memang garam Cirebon masih kalah dengan garam di Jawa Tengah, Jepara, Rembang, dan Madura. Tapi kebutuhan garam kita sebagian besar sangat dibutuhkan oleh industri,”  Tutupnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *