Home » Kebersihan » Kerusakan Parah Pada Sungai Di Cirebon

Kerusakan Parah Pada Sungai Di Cirebon

Aktivis Greenpeace melakukan aksi menandai saluran limbah pabrik yang dialirkan tanpa pengolahan di sungai Citarum, Kecamatan Majalaya, Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/12).

AsliCirebon.com – Air merupakan salah satu kebutuhan yang diperlukan manusia untuk mempertahankan kehidupannnya. Salah satu sumber penghasil air yang ada di Indonesia adalah Sungai, namun saat in banyak sungai yang sudah mengalami kerusakan dan tidak bisa untuk digunakan seperti biasanya.

Hal tersebut seperti halnya yang terjadi di Cirebon, menurut  Kepala Forum Sungai Cirebon Bambang Sasongko mengatakan bahwa saat ini di Cirebon 90 persen sungai tersebut tercemar berat. Hal itu disebabkan dari  bertumbuhnya pemukiman dan industri di sekitar sungai.

”Semakin banyak didirikan pabrik yang merusak sungai, dari hulu, tengah, dan hilir. Sekarang mengubah perilaku manusia menjadi hal yang dititikberatkan,” Ujar Kepala Forum Sungai Cirebon Bambang Sasongko.

Untuk mengantisipasi hal yang lebih buruk dan memperbaiki ekosistem yang ada saat ini, pihaknya  menggandeng Kemententrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  untuk membangun IPAL, terutama di daerah yang mempunyai indikasi tercemar limbah yang ada.

”Bekerjasama dengan BLHD, pembangunan IPAL komunal harus dilakukan. Hanya saja, belum terealisasi hingga saat ini,” Tutupnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *