Home » Cirebon » Kawasan Tanpa Rokok Akan Diterapkan DI Kabupaten Cirebon

Kawasan Tanpa Rokok Akan Diterapkan DI Kabupaten Cirebon

kawasan-tanpa-rokok-akan-diterapkan-di-kabupaten-cirebon

AsliCirebon.com – Kesadaran pemerintah untuk ikut serta melindungi kesehatan masyarakat dengan menetapkan beberapa tempat untuk Kawasan Tanpa Rokok. Seolah menjadi pemicu untuk Kabupaten Cirebon mematangkan rencana tersebut. Menurut Kabid Bina Perilaku dan Penyehatan Lingkungan (BPPL) Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Hj Enny Suhaeni SKm Mkes  mengatakan bahwa saat ini sudah tersedia perda nomor 7 tahun 2015 mengenai ketertiban umum.

“Jadi kita tidak perlu membuat perda lagi, cukup dengan perbup. Karena di Perda No 7/2015, pasal 13 ayat 1 tercantum bahwa dilarang merokok di tempat Kawasan Tanpa Rokok (KTR), kecuali di lokasi khusus yang telah disediakan,” Ujar Kabid Bina Perilaku dan Penyehatan Lingkungan (BPPL) Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Hj Enny Suhaeni SKm Mkes.

Enny juga menambahkan untuk Kawasan Tanpa Rokok sendiri akan diterapkan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT), Bappeda, Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD), Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

. “Yang sudah ada KTR-nya baru di BPPT dan BLHD, sedangkan tiga OPD lainnya belum ada KTR. Tapi, lima OPD ini akan dijadikan percontohan untuk OPD lainnya. Rencananya, KTR akan di launching pada 12 November 2016 mendatang tepat dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN),”  Tambahnya.

Namun sampai saat ini untuk aturan tersebut sendiri masih satu kali mengalami pembahasan pada tanggal 27 September.

“Aturan KTR ini masih satu kali pembahasan ditanggal 27 September. Setelah itu, kita mengajukan ke bagian hukum untuk dibuatkan perbup,” Tutupnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *