Home » Ekonomi » 8 Cara Jitu untuk Memulai Bisnis Properti bagi Pemula

8 Cara Jitu untuk Memulai Bisnis Properti bagi Pemula

8 Cara Jitu untuk Memulai Bisnis Properti bagi Pemula

Ingin mendapatkan keuntungan pasti dari bisnis? Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang bisa memberikan keuntungan tersebut. Bisnis properti akan terus ada sepanjang zaman karena berhubungan erat dengan kebutuhan dasar manusia, yaitu tempat tinggal. Jika dijalankan secara maksimal, bisnis properti mampu membangkitkan perekonomian di sektor usaha lain, seperti jasa asuransi, perbankan, dan industri bahan bangunan. Bahkan, bisnis properti mampu menarik perhatian investor asing untuk menanam modal di Indonesia.

Indonesia dinilai sebagai lahan bisnis properti paling menjanjikan, terutama di bidang properti perumahan. Sekitar 14 juta penduduk belum memiliki rumah, khususnya di kota-kota besar, salah satunya Kota Tangerang. Padahal, banyak perumahan di Tangerang yang dijual dengan harga murah. Di sini lah letak peluang Anda. Hanya dengan memasarkan rumah-rumah tersebut, Anda bisa memulai bisnis properti.

Selain rumah, bangunan ruko juga bisa menjadi peluang Anda. Ruko biasa difungsikan sebagai tempat berjualan atau perkantoran.  Ini bukti nyata, bahwa bisnis properti tidak ada habisnya. Kalau Anda masih bingung harus memulai dari mana, Anda dapat menggunakan cara-cara berikut ini.

  • Lakukan Riset Langsung

Cara pertama untuk memulai bisnis properti, yaitu melakukan riset. Coba amati fasilitas umum di sekitar tempat tinggal Anda. Perhatikan baik-baik, properti apa yang belum ada. Sebagai contoh, Anda melihat fasilitas umum yang tersedia, yaitu kolam renang, rumah makan, kebun binatang, rumah sakit, dan gedung pertemuan. Berdasarkan riset tersebut, bangunan yang belum ada di situ adalah penginapan atau hotel. Ini peluangnya! Anda bisa mulai dengan membangun sebuah penginapan murah di sana.

  • Menjadi Agen Properti Perumahan

Saat ini, pemerintah sedang gencar menggalakkan program pembangunan rumah bersubsidi untuk rakyat Indonesia. Otomatis, banyak pengembang atau pengusaha properti yang membuka proyek perumahan. Nah, coba Anda dekati mereka dan tawarkan diri untuk menjadi agennya.

Biasanya, kalau berhasil mendapatkan pembeli, Anda akan memperoleh komisi. Selain itu, Anda akan mendapatkan ilmu dan bimbingan dari perusahaan tentang cara bernegosiasi dan menarik perhatian pembeli. Dengan cara demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk belajar dan memulai bisnis properti.

  • Menyulap Rumah Menjadi Penginapan

Anda punya rumah besar yang memiliki banyak kamar? Manfaatkan rumah tersebut untuk membuat penginapan murah. Anda bisa promosikan dengan cara menyebarkan brosur atau melalui internet. Fasilitas penginapan yang Anda sediakan tidak perlu sekelas hotel berbintang, asalkan bisa memberikan kenyamanan bagi pelanggan.

  • Menjadi Makelar

Apa sih, makelar itu? Makelar sama artinya dengan perantara. Anda bisa mulai berbisnis dengan cara menjadi makelar rumah yang akan dijual oleh pemiliknya. Bagaimana cara mendapatkan informasi rumah dijual? Mudah sekali, Anda bisa mendapatkan informasinya dari lingkungan sekitar, internet, atau koran.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan, yaitu mendapatkan kesepakatan dari penjual rumah. Kalau perlu buatlah surat perjanjian yang ditandatangani di atas materai. Setelah kesepakatan didapatkan, Anda bisa mulai menawarkan rumah kepada calon pembeli. Sebaiknya, lakukan promosi lewat internet supaya lebih cepat memperoleh pembeli.

  • Membuat Situs Online Jual Beli Rumah

Mungkin, inilah cara paling mudah untuk memulai bisnis properti. Kalau Anda punya keahlian membuat website, Anda bisa membuat situs online jual beli rumah. Alat yang Anda butuhkan hanya seperangkat komputer dan koneksi internet. Nantinya, website tersebut menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Upayakan Anda membuat kesepakatan dengan penjualnya agar tidak mencantumkan nomor ponsel atau alamat langsung. Artinya, pembeli dapat bertemu dengan penjual hanya melalui perantara Anda.

  • Bergabung dengan Komunitas Broker Properti

Anda belum percaya diri untuk memulai bisnis properti sendirian? Cobalah bergabung dengan komunitas broker properti. Biasanya, komunitas broker properti memberikan fasilitas berupa info-info properti dan perkembangan harganya, website untuk promosi, serta pengetahuan seputar teknik memasarkan.

Tapi, Anda harus hati-hati dalam memilih komunitas broker properti. Pilih komunitas yang rekam jejaknya bagus dan terbukti jujur dalam memasarkan produk. Kemudian, amati kemampuannya dalam mengakses teknologi. Kalau komunitas itu bisa memanfaatkan teknologi, artinya mereka mengikuti perkembangan informasi secara maksimal.

  • Bekerja Sama dengan Pemilik Lahan

Kalau Anda ingin memulai bisnis properti berupa perumahan, Anda harus mendapatkan lahan yang luas. Untuk memudahkan langkah Anda, cobalah menjalin kerja sama dengan pemilik lahan. Buatlah kesepakatan pembagian keuntungan dengan pemilik lahan, kemudian cari perusahaan jasa pembangunan rumah yang profesional.

Setelah semuanya siap, Anda tinggal mencari pembeli. Supaya lebih cepat, gunakan dan manfaatkan jasa orang lain untuk mempromosikan produk Anda. Berikan komisi sepantasnya kalau mereka berhasil menarik orang untuk membeli produk Anda.

  • Jadi Pemasar Ruko

Kompleks ruko atau rumah toko di Indonesia mengalami perkembangan pesat. Hampir di seluruh kota dibangun ruko yang difungsikan untuk toko atau kantor. Tentu saja, ini juga menjadi peluang bisnis untuk Anda. Cobalah datang ke kantor pemasaran ruko dan tawarkan diri untuk menjadi pemasarnya. Kalau pemilik ruko menyetujui, segera minta surat perjanjiannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa cara memulai bisnis properti bagi pemula. Anda harus berani melangkah dan menghadapi pesaing bisnis Anda. Tekun dan pantang menyerah adalah kuncinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *