Home » Cirebon » Petani Bawang Cirebon Hadapi Masalah Hama

Petani Bawang Cirebon Hadapi Masalah Hama

petani-bawang-cirebon-hadapi-masalah-hama

AsliCirebon.com – Permasalahan baru pada saat ini yang dihadapi oleh para petani yang ada di Cirebon. Dengan datangnya musim hujan menjadi permasalahan sendiri untuk petani Bawang di Cirebon. Dengan adanya musim hujan menjadikan hama inul dan jamur menjadi merajalela.

“Biasanya kalau musim hujan itu, munculnya banyak hama inul dan jamur,” Ujar petani bawang, Daslim yang dilansir radarcirebon.com.

Menurut salah seorang petani bawang, Daslim  mengatakan bahwa hal ini dikarenakan banyak serangga yang membolongi daun tanaman bawang tersebut.

“Di sini disebutnya hama inul, karena serangga-serangga rapak bisa membolongi daun-daun tanaman bawang, kayak dibor,” Sambungnya.

Sampai saat ini permasalahan sudah sedikit bisa teratasi karena memang sudah adanya cara untuk mengatasi hama tersebut dengan cara menyemprot tanaman tersebut. Selain itu mau tidak mau petani harus bisa memanen bawang lebih cepat.

“Ya, kalau sekarang karena selalu disemprot belum ada yang terserang hama inul dan jamur. Kalau musim hujan memang harus sering melakukan penyemprotan bisa dua hari sekali, atau setiap hari untuk mencegah hama-hama itu,” Terusnya.

“Ini baru hari ke-22. Biasanya kalau musim hujan bisa lebih cepat, kadang 55 hari kalau bibitnya sudah matang. Tapi kalau bibit yang ditanam masih muda, panennya bisa 66 hari,” Imbuhnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *